Hot News

Popular Posts

latest News

More Hot News

Fashion Trends Gossip

Hasilkan Ratusan Juta Berkat Rajin Sedekah

By indra januar | Jumat, 13 April 2012
Posted in


 
Rabu, 26 Januari 2011 , 10:05:00
 
ENTREPRENEUR: H Juned sibuk bertelepon sedang mengawasi anak buahnya yang sedang memotong besi.

Siapa sangka besi tua yang tadinya tak bernilai, bisa menjadi mesin uang? Itulah yang dilakukan H Juned, pengusaha besi bekas yang jatuh bangun dalam membesarkan usahanya.

KEBERADAAN usaha besi tua di sepanjang Jalan Raya Warungborong- Ciampea memang sudah melegenda. Usaha yag terlihat kotor dan tidak bernilai itu ternyata menghasilkan keuntungan besar. H Juned (47), bahkan bisa menghasilkan ratusan juta rupiah per bulan.

“Modal yang dikeluarkan memang agak besar, namun keuntungan yang saya dapat sepuluh kali lipatnya. Tapi semua itu tidak saya dapatkan dengan mudah, butuh kerja keras yang kuat untuk mencapainya,” ucap bapak enam orang anak ini.

Ia menuturkan, teman seprofesinya banyak yang berhasil, tapi ada pula yang bangkrut karena tidak kuat bersaing dengan pengusaha lain.

Berdasarkan pengakuannya, modal yang ia keluarkan untuk memulai usahanya ini sebesar Rp8 juta. Uang itu digunakan untuk membeli peralatan las, bahan baku berupa besi tua dan sisanya untuk menyewa tempat.

“Bahan baku yang saya gunakan adalah jenis limbah besi bekas yang didapatkan dari Jakarta seharga Rp8.000- Rp10.000 per kilogram,” terang Juned.

Setelah bahan mentah didapat,besi-besi tua itu dipotong menjadi beberapa bagian kemudian disatukan kembali menjadi sebuah gelondongan yang berfungsi sebagai pemisah batu dan emas. Sehari bengkelnya bisa menghasilkan 70 besi gelondongan.

Setiap besi gelondongan harganya bervariasi dari mulai Rp500.000-Rp1.300.000 juta perbuah, tergantung ukuran. Juned mengakui pemasaran besi gelondongan ini sudah hampir ke seluruh Indonesia. Di antaranya Kalimatan, Sumbawa, Medan, Aceh, Gunung Julang dan Pongkor. Sekali pemesanan bisa mencapai 400 buah.

Suami Een Suhaeni (40) ini mempekerjakan 15 orang dengan keuntungan Rp100 juta perbulan. Bukan nominal kecil bagi seorang pengusaha besi bekas yang baru meniti usaha 17 tahun terakhir ini.

“Saya selalu berusaha untuk maju dan berkembang, karena usaha yang saya lakukan semata- mata hanya untuk keluarga,” ucapnya.

Juned menambahkan, ada kiat khusus agar menjadi pengusaha sukses, yakni perbanyaklah sedekah kepada anak yatim.(*)
  

Categories :

Follow any responses to the RSS 2.0. Leave a response